17 Mei 2016

PENGERTIAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR



Bagi sahabat blogger yang lagi mencari informasi tentang apa sih perusahaan manufaktur, ritel dan jasa?

Kalian tepat banget berada di blog ini karena saya akan memberikan ulasan tentang apa itu perusahaan manufaktur, ritel dan jasa.

OK....langsung saja kepembahasan.....!!!


1. PERUSAHAAN MANUFAKTUR

         Perusahaan Manufaktur adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang industri yang mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja yang menjadikan suatu proses dari bahan baku ke barang jadi dan siap untuk dijual.
          Contoh perusahaan manufaktur bisa dilihat disekeliling kita. Bayangan perusahaan manufaktur tidak harus perusahaan yang besar. Namun cukup bahwa perusahaan tersebut mengolah bahan baku hingga menjadi barang jadi dan siap untuk dikonsumsi oleh konsumen.

          Contoh yang sangat sederhana adalah MABEL, kenapa MEBEL bisa dikatakan perusahaan manufaktur. Karena MEBEL merubah bahan baku (Kayu) menjadi barang jadi (Kursi) yang siap digunakan oleh konsumen. Itulah contoh yang sangat sederhana perusahaan manufaktu.

      A. FUNGSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR
              1. Fungsi Produksi
                       Pada tahap ini, perusahaan manufaktur melakukan fungsinya. fungsi dari perusahaan manufaktur adalah pengolahan bahan baku menjadi barang jadi. Salah satu perusahaan manufaktur yang menjalankan fungsinya adalah perushaan MEBEL.
                       Pada perusahaan yang merubah kayu menjadi berbagai barang properti, pada perusahaan mebel yang pada awalnya kayu tidak bisa digunakan oleh konsumen langsung selain menjadi kayu bakar. perusahaan mabel bisa merubah kayu menjadi properti seperti kursi, meja, pintu dll.

               2. Fungsi Pemasaran
                       Sebuah perusahaan pasti menginginkan sebuah profit yang sebesar-besarnya dari hasil penjualan produk yang mereka miliki. Oleh karena itu sebuah perusahaan harus melakukan pemasaran produk yang mereka miliki agar Produk yang mereka miliki dikenal oleh masyarakat luas dan penjualan semakin meninggkat.
                        Dan tujuan dari pemasaran adalah untuk mendapatkan profit yang sebesar-besarnya. tidak ada perusahaan yang tidak ingin melakukan pemasaran, karena pemasaran adalah ujung tombak dari setiap perusahaan agar penjualan meningkat.

               3. Fungsi Administrasi dan Umum
                        Fungsi Administrasi dan Umum adalah fungsi kegiatan perusahaan manufaktur yang berkaitan dengan penentuan kebijakan perusahaan pengarahan dan pengawasan agar lebih efektif dan efesien.

               4. Fungsi Keuangan
                         Fungsi keuangan adalah untuk menyokong/mengatur keuangan perusahaan agar mampu mengatasi persaingan dalam dunia bisnis. Karena dalam dunia bisnis biasanya sering terjadi persaingan harga.


       B. BIAYA-BIAYA YANG ADA DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR
               1. Biaya Produksi
               2. Biaya Pemasaran
               3. Biaya Administrasi
               4. Biaya Produksi


      C. CONTOH PERUSAHAAN MANUFAKTUR


                Sebagai contoh perusahaan manufaktur yang sangat simpel adalah MEBEL seperti yang telah saya contohkan diatas. Karena MEBEL kita lihat mulai dia membeli bahan baku seperti KAYU yang masih berbentuk balok sampai mengolahnya hingga menjadi sebuah properti seperti meja,kursi, lemari, pintu dll.


               CONTOH PERUSAHAAN YANG LEBIH BESAR seperti :
1. PERUSAHAAN MOBIL/MOTOR (yamaha,honda,kawasaki,suzuki, dll)
 
2. PERUSAHAAN ROKOK (Djarum,Gudang Garam,BENTOL, dll)

3. PERUSAHAAN ELEKTRONIK (samsung,apple,sony, dll)



Ya mungkin itu saja yang bisa saya share buat perusahaan manufaktur semoga membantu dan bermanfaat.

Terima kasih....!!!!


Categories:

0 Komentar:

Posting Komentar

anda sopan, saya segan.

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © BORNEO ON YOU | BLOG PRIBADI | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑