21 Apr 2016

KULIAH TAMU BUSINESS PRACTICE 4 KAMPUS ASIA MALANG #Part 2


Kamis, 21 April 2016 Kampus Asia Malang


Pembicara : Mutia Amanatillah Tasya
Fasilitator : Theresia Pradiani, SE. MM
Kampus : ASIA MALANG
Ruang : Theather
Jurusan : Manajemen
Editor: M. Imam Maulana (13101265)

KULIAH TAMU

IMNews, Malang===> Jika kalian sebelumnya pernah membaca artikel saya yang berhubungan dengan KULIAH TAMU #Part 1 maka kalian akan faham apa yang akan saya bahas kali ini,....ya bener sekali!!!
Kali ini saya akan membahas tentang KULIAH TAMU lagi #Part 2 yang diadakan oleh KAMPUS ASIA MALANG pada hari Kamis, 21 April 2016 namun dengan pembicara yang berbeda, kali ini pembicaranya adalah wanita yang sangat cantik KAKAK(MBAK) MUTIA AMANATILLAH TASYA LULUSAN dari kampus yang sangat ternama di malang yaitu UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG jurusan ILMU KOMUNIKASI.

Oke, langsung saja ke pembahasan yang terjadi di kuliah tamu tadi.....

Seminar tadi mengusung tema RETAIL BANKING DAN 4 FUNGSI BISNIS PADA DUNIA KERJA.

Apa itu Bank......????

Bank adalah usaha yang berbentuk lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat yang kelebihan dana dan menyalurkan dananya untuk masyarakat yang membutuhkan dana atau kekurangan dana. Selain itu juga bank memberikan jasa-jasa bank lainnya yang bermotif menghasilkan profit dan juga sosial untuk meningkatkan taraf hidup halayak banyak.  


Dan dasar perbankan adalah modal kepercayaan (trust), baik menghimpun dana maupun menyalurkan dana. Masyarakat mau menitipkan dananya di bank apabila dilandasi adanya unsur kepercayaan. Masyarakat percaya bahwa uangnya tidak akan disalah gunakan oleh pihak bank, uangnya akan dikelola dengan baik. Pada saat yang telah dijanjikan simpanan tersebut dapat ditarik kembali dari pihak bank.
Selain itu juga pihak bank akan mau menempatkan atau menyalurkan dananya pada debitur atau masyarakat apabila dilandasi adanya unsur kepercayaan. Pihak bank percaya bahwa debitur tidak akan menyalah gunakan pinjamannya. Debitur akan mengelola dana pinjaman saat jatuh tempo, dan debitur mempunyai niat baik untuk mengembalikan pinjaman beserta kewajiban lainnya pada saat jatuh tempo.

Istilah-istilah dalam dunia per bankan :

NASABAH =====> BANK         =       FUNDING
BANK ========> NASABAH        =        LENDING

 JENIS BANK MENURUT FUNGSINYA

 Jenis bank menurut fungsinya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Bank Sentral
        Bank sentral yang dimaksud adalah Bank Indonesia (BI), BI adalah lembaga yang berdiri sendiri tidak ada campur tangannya dari pihak pemerintah atau bisa dibilang INDEPENDEN. Kecuali ada hal-hal yang sudah diatur oleh UUD 1945.
2. Bank Umum
        Adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Bank Umum juga sering disebut bank komersial.
3. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
         Adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan Prinsip Syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Artinya BPR jauh lebih sempit dibandingkan dengan bank umum.

JENIS BANK BERDASARKAN KEGIATAN OPRASIONALNYA

Jenis bank menurut kegiatannya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :

1. Bank Konvensional 
       Adalah bank yang dalam operasionalnya menerapkan metode bunga, karena metode bunga sudah ada terlebih dahulu, menjadi kebiasaan dan telah dipakai secara meluas dibandingkan dengan metode bagi hasil.
2. Bank Syariah
      Adalah bank yang dalam operasinya mengikuti ketentuan-ketentuan syariah Islam, khususnya yang menyangkut tata cara bermuamalah secara Islam.

 Selanjutnya kelebihan dan ke untungan bekerja di suatu Bank, 
1. siklus manusia dapat dilayani oleh bisnis konsumen banking
2. sistem yang sangat komplek dan aman
3. gaji dan kesejahtraan terjamin
4. berbagai program yang menghasilkan intensif
5. jenjang karir terbuka
6. care terhadap penampilan, komunikatif dan percaya diri

Namun untuk proses rekrutmen sangat ketat, contohnya seperti dibawah ini :
1. job fair/ intern
2. tahap 1 : psikotes internal
3. tahap 2 : tes tulis
4. tahap 3 : interview 1
5. tahap 4 : interview 2
6. tahap 5 : psikotes ekternal
7. tahap 6 : interview 3
8. tahap 7 : tes kesehatan

Mungkin tidak semua bank menerapkan tahap seleksi seperti yang saya tulis diatas namun itu adalah secara garis besarnya seperti itu. 
Memang banyak banget tes seleksi untuk memasuki dunia perbankan namun sesuai dengan apa yang kita dapatkan setelah kita bekerja di sana.

Ya, mungkin itu saja yang bisa saya sharing ke kalian semua....nanti dilanjutkan lagi diartikel selanjutnya karna tgl 28 April 2016 akan ada lagi seminar akbar yang akan dilaksanakan di hotel kartika.


oookkk......sekian terima kasih!!!!

Categories:

1 komentar:

anda sopan, saya segan.

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © BORNEO ON YOU | BLOG PRIBADI | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑